Rabu, 24 Juni 2009

Tinggi Dan Percaya Diri

Penulis pernah berbincang-bincangdengan beberapa orang pria dengan tubuh relatif pendek dan sudah menikah. Yang penulis perbincangkan apakah tubuh pendek mebuat rasa kurang percaya diri, kapan perasaan kurang percaya diri akibat memiliki tubuh pendek itu berkurang. Sebagian besar dari mereka menjawab tubuh pendek membuat rasa kurang percaya diri, kemudian rasa kurang percaya diri akibat bertubuh pendek berkurang ketika ia menikah. Napoleon Bonaparte konon tingginya hanya mencapai 158 cm jauh dibawah rata-rata orang Francis pada umumnya yaitu sekitar 170 cm, bahkan banyak yang mencapai 210 cm. Karena masalah tinggi badannya tersebut ia menderita inferior complex (rasa rendah diri). Untuk kompensasi dari rasa inferioritasnya tersebut Napoleon jadi diktator di Francis pada jamannya.

Tinggi badan seringkali dikaitkan dengan kegagahan, wibawa dan samapta bagi prajurit. Di Inggris para pengawal kerajaan, dipilih dari para prajurit yang tinggi badannya mencapai 210 cm bahkan ada yang sampai 240 cm, dengan alasan yang sama walpres RI pun dipilihkan dari prajurut yang tingginya diatas 170 cm. Disisi lain banyak frofesi yang mensyaratkan tinggi badan untuk menunjang pekerjaan dan penampilannya antara lain: tentara, pilisi, pilot, perawat, bidan, pramugari, pragawan dan pragawati, sipir, juga scurity dsb. Sudah tentu yang berbadan pendek akan tersisih dari seleksi calon pegawai demikian itu, sedikitnya menimbulkan gangguan self esteem berhubungan dengan body image yang kurang memadai atau setidaknya menghalangi cita - cita yang terkait pekerjaan yang mempersyaratkan tinggi badan tertentu. Kususnya untuk anak- anak remaja hal tersebut akan sangat dirasakan, karena remaja dalam tahap perkembangannya ada perasaan tidak puas terhadap bentuk tubuhnya sendiri termasuk tinggi badannya sendiri. Fenomena ini nyata sekali ditandai dengan setiap ada penawaran upaya atau obat-obat atau suplemen yang menjanjikan dapat menambah tinggi badan banyak direspons oleh kalangan remaja. Sekitar tahun 1980an ada program penambah tinggi badan dengan merk program orthopedi, dengan penyajian yang rasional memadukan antara olah raga dengan gerakan yang meregang sendi dan tulang, formula diit yang mempengaruhi proses calisifikasi tulang, istihat yang cukup dsb dengan batasan usia maksimal 35 th. Tahun-tahun berikutnya ada penawaran peninggi badan dengan program accupresur yang menekan pada titik yang menstimulasi hormon pertumbuhan, alat tersebut diletakan ditelapak kaki . Diperkirakan iklan penawaran program peninggi badan akan terus mendapat respons baik, karena itu adalah kebutuhan yang menunjang rasa harga diri manusia. Demikian pentingnya tinggi badan sehingga sebahagian orang jepang melakukan perkawinan silang dengan orang keturunan Erofa untuk memperbaiki keturunan, di Indonesia tahu 70an trend sepatu ceko (sepatu dengan hak tinggi), ini dapat diindikasikan sebagai upaya penampilan agar tampak lebih jangkung sehingga mendongkrak rasa percaya diri.


Way out bagi anda yang terkait masalah tinggi badan. Jika masih dalam masa pertumbuhan yaitu maksimal hingga usia 21 th, anda dapat memaksimalkan upaya dengan: olah raga yang meregang sendi dan tulang (renang, skiping, dan senam teretentu), serta dengan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung calsium, vitamin D dan vitamin C . Bagi anda yang telah melewati masa pertumbuhan, untuk mengurangi rasa percaya diri, anda dapat mengkompensasikan dengan kemampuan dan bakat yang lain yang merupakan talenta terbaik anda. Cara yang umum untuk mendekteksi talenta adalah dengan memperhatikan apakah yang anda kerjakan sangat menyenangkan, hobi. Biasanya dengan hobi dan senang anda tidak akan kehabisan energi. Jika anda ingin menelusuri lebih dalam anda dapat membaca buku Pumping Talent disana anda akan menemukan watak dasar anda (introvert atau ekstrovert), kebiasaan penggunaan otak (kiri atau kanan), kebiasaan mendapatkan informasi dalam belajar, kelemahan dan kelebihan setiap watak dasar dsb. Kompensasi itu merupakan upaya manusia untuk menutupi kekurangannya, sehingga ia merasa dapat diterima oleh lingkungannya karena kelebihannya itu. Tantangan jika digunakan sebaik-baiknya mendorong energi kompensasi yang luar biasa, dasarnya adalah kekurangan menekan ego manusia bahkan sampai melukai ego manusia. Ego berupaya menyelamatkan diri, salah satu caranya adalah dengan mencari prestasi sebagai substitusi, hal ini dapat mengurangi tegangan ego untuk sementara waktu atau perasaan sejahtera, sampai datang kebutuhan atau tantangan berikutnya. Tentu kompensasi yang relatif baik dan bertahan lama adalah menggunakan potensi yang ada atau yang mungkin ada pada diri anda, bukan sebaliknya bohong dan kepalsuan yang mengakibatkan diri cepat lapar bagai orang yang minum air laut; perut penuh tapi tidak menghilangkan haus, contoh kongkritnya adalah orang-orang yang cuma ikut beken "agul kupayung butut" ( membanggakan milik orang lain). Semoga bermannfaat. Wahyudin 313 . Informasi ada produk penambah tinggi badan penemuan negeri Cina mutahir, yang berminat hubungi penulis tlp. 0262 235946